Senin, 27 Juni 2011

TIPS UNTUK MIKROKONTROLER: SINKING OUTPUT VS SOURCHING OUTPUT?

Pada postingan ini saya akan memberikan tips yang berkaitan dengan output pada mikrokontroler. Mungkin saja bisa berguna bagi teman-teman yang lain. Dibawah ini ada  rangkaian output mikrokontroler silakan teman-teman perhatikan terlebih dahulu:



Menurut teman-teman, gambar diatas mana yang benar?
Pada dasarnya kedua rangkaian diatas tidak ada yang salah, semuanya benar.

Pertanyaan berikutnya, lebih baik menggunakan gambar A atau B?
Jawabannya adalah A. Baiklah berikut adalah penjelasannya:

Pada gambar A, untuk menyalakan LED harus diberikan logika LOW (biner 0) pada mikrokontroler sedangkan pada gambar B harus diberikan logika HIGH (biner 1).

Pada gambar A, mikrokontroler bersifat sinking (menyerap), maksudnya adalah untuk menyalakan LED tersebut mikrokontroler hanya mengeluarkan logika LOW atau dalam hal ini pin mikrokontroler tersebut difungsikan menjadi GND. Sehingga mikrokontroler hanya melakukan sinking (menyerap) arus yang berasal dari catu daya (VCC)

Sedangkan pada gambar B, mikrokontroler bersifat soucrhing (sumber), maksudnya adalah untuk menyalakan LED, mikrokontroler harus memberikan logika HIGH dalam hal ini pin output mikrokontroler difungsikan menjadi sumber catu daya. Sehingga mikrokontroler bertindak sebagai sourching (sumber) arus yang akan digunakan untuk menyalakan LED.

Mungkin untuk gambar A dan B diatas tidak terlalu penting apakah kita menggunakan output mikrokontroler sebagai sinking atau sourching dikarenakan LED hanya membutuhkan arus yang relatif kecil untuk dapat menyala. Tetapi coba anda bayangkan jika kita membuat sebuah aplikasi dengan output yang cukup banyak dan beban yang relatif cukup besar. Jika beban tersebut cukup banyak dan bebannya cukup besar, kemudian teman-teman memfungsikan pin output mikrokontroler sebagai sourching, maka mikrokontroler akan terbebani dan akan terjadi disipasi daya pada mikrokontroler.

Mungkin cukup sampai disini saja penjelasannya, semua kembali lagi kepada teman-teman ingin memfungsikan pin output mikrokontroler sebagai sinking atau sourching.

Semoga bermanfaat... Jika ada kesalahan tolong dikoreksi.

7 komentar:

  1. wah, tips yang bagus bgt nih. . :D sudah lama nyari" materi ini. . makasih bgt. . :)

    BalasHapus
  2. bagus pak blognya,, kren.. saya banyak belajar dari sini, tutorialnya dari dasar. jadi sedikit mengerti tentang mikro, thx

    BalasHapus
  3. nice blog
    semoga Tuhan membalas ilmu yang telah anda berikan kepada orang lain

    amin...

    BalasHapus