Rabu, 29 Juni 2011

CARA MELAKUKAN SIMULASI MENGGUNAKAN SOFTWARE PROTEUS

Pada postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan simulasi menggunakan software Proteus ISIS. Untuk mendapatkan software Proteus silakan download disini. Tutorial simulasi ini saya fokuskan untuk rangkaian mikrokontroler dan rangkaian elektronika sederhana, dikarenakan jika anda sudah mahir menggunakan simulasi mikrokontroler dan elektronika sederhana, maka secara tidak langsung anda juga sudah bisa melakukan simulasi untuk rangkaian elektronika lainnya.

Dibawah ini adalah toolbar yang sering digunakan untuk melakukan simulasi beserta fungsinya.


Selection Mode (no. 1) merupakan kursor.

Component Mode (no. 2) digunakan untuk memunculkan part atau komponen yang akan digunakan. Ketika anda meng-klik toolbar ini maka pada sebelah kiri akan muncul gambar berikut. Ketika pertama kali anda meng-klik toolbar Component Mode, maka tidak ada daftar komponen pada menu dibawah ini. Untuk memilih atau memunculkan komponen anda harus menekan tombol P.

Wire Label Mode (no. 3) digunakan untuk memberikan label pada wire (kabel/koneksi)

Text Script Mode (no. 4) digunakan untuk menambahkan text script pada lembar kerja, biasanya digunakan untuk memberikan keterangan atau catatan.

Buses Mode (no. 5) digunakan untuk memfungsikan wire sebagai Bus (bus adalah kumpulan dari beberapa wire atau koneksi).

Terminals Mode (no. 6) digunakan untuk memunculkan terminal, seperti Power, Ground, Input, Output dan Bidir (Bidirectional), seperti gambar dibawah ini.

Graph Mode (no. 7) digunakan untuk menampilkan berbagai bentuk sinyal digital maupun analog dalam bentuk grafik, terdapat beberapa buah penampil grafik seperti gambar dibawah ini.

Generator Mode (no. 8) digunakan sebagai penghasil (generator) sinyal DC, sinus, clock dan beberapa sinyal lainnya seperti gambar dibawah ini.

Virtual Instruments Mode (no. 9) merupakan sebuah virtual instrumentasi  yang biasanya digunakan sebagai alat penampil bentuk gelombang, instrumentasi pengukuran dan lainnya, seperti gambar dibawah ini.


2D Graphics Line Mode (no. 10) merupakan sebuah wire atau koneksi yang menghubungkan antara komponen-komponen, dengan kata lain adalah kabel.

2D Graphics Text Mode (no. 11) digunakan untuk menampilkan text 2 dimensi.

Berikut adalah toolbar untuk menjalankan simulasi (berada disebelah kiri bawah):


Play (no. 12) digunakan untuk menjalankan simulasi
Pause (no. 13) digunakan untuk mem-pause simulasi
Stop (no. 14) digunakan untuk menghentikan simulasi

Dengan beberapa penjelasan fungsi toolbar diatas maka akan lebih mempermudah anda dalam membuat aplikasi dan mensimulasikannya dengan menggunakan software Proteus. Saya akan memberikan contoh aplikasi pembacaan suhu LM35 yang hasilnya ditampilkan di LCD 2x16 menggunakan mikrokontroler ATmega16. Berikut adalah schematicnya:

Berikut adalah panduan singkat untuk membuat simulasi diatas:
  • Klik toolbar Component Mode kemudian klik button P pada menu DEVICES disebelah kiri bawah. Daftar komponen yang digunakan adalah sebagai berikut.
 
  • Untuk menampilkan terminal VCC dan GROUND silakan klik toolbar Terminal Mode. Pada output LM35 saya menggunakan sebuah Terminal output, sedangkan Port A.0 Atmega16 saya gunakan sebuah Terminal input. Hal ini saya lakukan untuk mempermudah pengkabelan, karena pada dasarnya penggunaan Terminal input dan output adalah berfungsi sebagai link yang saling menghubungkan, dengan syarat nama dari Terminal input dan output tersebut adalah sama (disini saya gunakan PA0).
  • Kemudian digunakan sebuah alat ukur tegangan pada output LM35. Caranya klik toolbar Virtual Instruments Mode kemudian pilih DC Voltmeter. Kemudian hubungkan tiap probe voltmeter tersebut ke titik yang akan diukur (dalam hal ini output LM35 dengan GND).
  • Kemudian isikan program ke Atmega16, caranya, double klik pada ATmega16, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Isikan programnya pada kolom Program File (dapat berupa file .hex atau .cof) dan untuk Clock Frequency nya adalah opsional (dapat diubah, dapat juga tidak). Anda dapat mendownload program pengukuran suhu LM35 disini.
  •  Kemudian jalankan simulasi

Saya akan memberikan sebuah contoh lagi tentang rangkaian elektronika beserta perhitungannya, untuk membandingkan hasil perhitungan dengan simulasi apakah sama atau tidak.


Berikut adalah panduan singkat untuk membuat simulasi diatas:
  • Klik toolbar Component Mode kemudian klik button P pada menu DEVICES disebelah kiri bawah. Kemudian cari komponen resistor, ubah nilai resistor seperti gambar diatas.
  • Untuk menampilkan terminal GROUND silakan klik toolbar Terminal Mode.
  • Untuk memunculkan sumber tegangan DC, klik toolbar Generator Mode kemudian pilih DC. Munculkan di lembar kerja, kemudian doble klik pada sumber tegangan DC tersebut dan beri nilai pada Voltage (volts) sebesar 10 V
  • Untuk memunculkan Virtual Instruments Mode kemudian pilih DC Voltmeter dan DC Ammeter
  • Jalankan simulasi, jika pada amperemeter belum muncul nilai arusnya, ubah ke range pengukuran yang lebih kecil, caranya double klik pada Amperemeter kemudian pilih miliAmpere.

Berikut adalah perhitungannya:
V=I*R_T

Dimana:
V=tegangan
I=arus
R_T=RTotal

Untuk arus total adalah:
I=V/R_T
I=10/15k
I=0.667 mA

Untuk mengukur tegangan pada resistor 5k, bisa digunakan pembagi tegangan, yaitu:
V_R5k=(R5k\Rtotal)*V
V_R5k=(5k\15k)*10
V_R5k=3.33 Volt

Dari perhitungan diatas, hasilnya sama dengan yang disimulasikan.

CATATAN PENTING: Menurut pengalaman, ketika sedang melakukan simulasi, jangan langsung menutup aplikasi Proteus (mengklik close/exit atau tanda [x]). Karena nantinya file simulasi anda akan corrupt (rusak), sebaiknya di stop terlebih dahulu simulasinya, kemudian baru di close/exit.

Semoga bermanfaat...

27 komentar:

  1. pertamax.....ijin tetap mengikuti elektro-kontrol....artikel yang berguna sekali....kenapa pindah mas...(azzoarq)

    BalasHapus
  2. silakan..semoga bisa bermanfaat
    alasan utama saya pindah, klo pake wordpress berat sekali (lemot), maklum koneksi internet saya lemah

    BalasHapus
  3. Saya sudah instal Proteus 7.7 SP2, pada saat meletakan komponen, komponen tersebut jadi hilang...kenapa bisa terjadi ya mas... file yang ada di folder crack bin sudah saya copy masih juga terjadi hal tersebut diatas...mohon sarannya..
    tks

    BalasHapus
  4. maqksudnya hilang bagaimana??? apakah prograqm simulasinya langsung menghilang atau close dengan sendirinya..?

    BalasHapus
  5. hilangnya bukan karena simulasi atau programnya langsung close, tapi saat ingin menempatkan komponen di windows editornya g' bisa..
    kemudian saat buka file yang udah jadi, saat saya klik di windows editor nya langsung hilang itu semua komponennya... terima kasih atas penjelasannya...

    BalasHapus
  6. saat menempatkan komponen di windows editornya, tiba2 komponen tersebut hilang... saat buka file project yang udah jadi, nucul gambar projectnya tapi pas di klik di salah satu gambar tersebut, tiba2 projectnya jadi hilang juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah ngalamin kaya gitu juga tapi setelah tanya2 mbah google ternyata dapet pencerahan juga.
      nggak perlu speck gede kok komputernya. cuman tinggal copykan file yang ada di folder bin dan model dari proteous 7.7 sp2 0.0

      download disini...
      http://www.mediafire.com/?dk67brknrqdjmjx

      kecil kok cuma 1 mega
      makasih buat om yang punya blog. sangat membantu

      Hapus
  7. coba deh software proteusnya anda uninstall kemudian install lagi. klo masigh bermasalah ganti dengan proteus 7.6 sp 0

    BalasHapus
  8. ohh saya sudah tahu masalahnya... mungkin speks dari komputer saya yang kurang memadai (nda tau apanya yang kurang)!!!
    karena waktu saya coba install di laptop teman saya, baik2 aja tuh!!!
    terima kasih sarannya!!!
    blog anda sangat membantu sekali... =)

    BalasHapus
  9. bang, kan klo mw isikan program ke Atmega16, caranya, Isikan programnya pada kolom Program File (dapat berupa file .hex atau .cof). nah cara untuk merubah file jd .hex atau .cof gmna??

    BalasHapus
  10. klo mau ngubahnya tinggal pake compiler aja... bisa codevision avr, avr studio dan lain2

    BalasHapus
  11. saya sudah instal codevision, saat digunakan buat program komunikasi UART, di compile ngak bisa ...??? eror di UDRE tak terdifinisi....
    wah minta sarannya...... (aku pake windows7)
    hihihi tnx

    BalasHapus
  12. Instalan Proteus 7.7 SP2 kemungkinan mengalami kesalahan dalam patch yang digunakan sehingga komponen-komponen yang akan diletakkan pada template kerja secara tiba-tiba menghilang.
    Silahkan Sdr patch kembali dengan Patch ini, dengan catatan patch yang ada sebelumnya telah dilakukan.

    http://oron.com/ucbtfmcoyjox

    Semoga Bermanfaat

    BalasHapus
  13. @melson58:
    Terima kasih banyak atas infonya semoga bermanfaat bagi yg lain...
    silakan kritik, saran dan info untuk saling berbagi informasi dengan yg lain...
    ok.

    BalasHapus
  14. nice.......
    ijin promosi gan, yang mau video tutorial proteus monggo :
    http://suandno.blogspot.com/2011/06/tutorial-proteus.html

    BalasHapus
  15. kalu untuk menkoneksi antara komponen dengan port agar lebih sederhana pakai tools apa..?? thank's before :)

    BalasHapus
  16. terminal input dan output pada tool terminal

    BalasHapus
  17. Mas mau nanya nich …saya udah buat simulasi dari proteus menggunakan AT89S51 dengan chip yg ada pada proteus AT89C51 trus programx udah di compile menggunakan 8051 compiler setelah saya membuat simulasix saya masukkan program buat simulasi di proteus …kok saat simulasi tulisan pada LCD gak muncul …sayanya jadi bingung …programx udah benar trus penyambungan konektor ke LCD 16×2 udah cocok …kira2 apax yah mas….mohon masukanx saya menggunakan proteus versi 7.8 SP2 buat listx saya gunakan bahasa assembler…..untuk listx dapat di download dari sini : http://www.mediafire.com/?ii03mlnkxjlqfnj
    sedangkan simulasi proteusx dari sini : http://www.mediafire.com/?q82xypbqdeza236
    sekali lagi mohon bantuanx….maklum masih dalam tahap pembelajaran….

    salam

    Alam ismail

    BalasHapus
  18. Tq agan, saya mw coba download dlu karena ada mata kuliah yg menggunakan software ini. izin belajar

    BalasHapus
  19. Terima kasih banyak, link ini memberikan banyak info tentang yang saya belum tau

    BalasHapus
  20. Nyimak gan,.sip tutorialnya.

    BalasHapus