Selasa, 28 Juni 2011

JAM DIGITAL DENGAN PENAMPIL SEVEN SEGMENT TANPA RTC MENGGUNAKAN CODEVISION AVR

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi jam digital menggunakan penampil LCD, hanya saja pada postingan ini saya tampilkan menggunakan display Seven Segment CA (common anoda) karena terlihat lebih menarik. Untuk mendapatkan datasheet penampil seven segment silakan download disini.

Jam digital menggunakan seven segment common anoda (CA) ini saya berikan 3 buah input berupa push button yang digunakan untuk menset nilai dari jam tersebut yaitu MENU, UP dan DOWN. Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja aplikasi ini dapat membaca postingan saya mengenai jam digital menggunakan penampil LCD. Sedangkan untuk dasar teori seven segment dapat membaca pada tutorial AVR mengenai seven segment dan untuk cara kerja Timer dapat membacanya pada tutorial Timer dan Counter.


Berikut adalah schematic jam digital menggunakan penampil seven segment. Sedangkan untuk listing program lengkapnya dapat didownload pada link diakhir postingan ini.


Untuk mendapatkan listing program lengkap silakan download link dibawah ini.

Listing program lengkap file CodeVision AVR

26 komentar:

  1. saya ada pertanyaan mas,saya sudah membuat hardware jm dgtal 7seg,bagaimana seting timer untuk kristal 8mhz?karna dengan kristal 12mhz segmen no 7(g) tidak dapat menyala,dan bagaimana kalo saya ingin menambahkan digit detik?thx

    BalasHapus
  2. klo pake kristal 8mhz,yg berbeda adalh cara untuk mensetting register timernya, silakan liat di AVR tutorials -->> timer dan counter.
    Aplikasi diatas sudah saya cobapada hardware yg sesungguhnya dan berjalan dengan baik.. klo ada segment yg tidak nya kemungkinan ada masalah dihardwarenya (kabel putus/solderan tdk nyambung). Klo untuk nampilin detik anda tinggal menambahkan 2 seven segmen lagi, kemudian anda harus mencari detik_satuan dan detik_puluhan dengan cara yg hampir sama seperti diprogram

    BalasHapus
  3. thx bwt infonya,ternyata segmen no7 tdk dapat menyala di karenakan saya menggunakan port penampil karakter pada portb6&b7 yg di gunakan untuk osc ekstrnal(atmega8)
    yang saya belum mengerti bagaimana merubah nilai desimal menjadi heksa(hasil akhrir TCNT1),di mana saya harus mencari panduanya..??

    BalasHapus
  4. klo untuk ngubah nilai desimal ke hexa pake program kalkulator aja... cari di start program kemudian accesories trus calculator

    BalasHapus
  5. di simulasi proteus kok ga bisa nyala ya mas 7segmen nya??

    BalasHapus
  6. klo disimulasiin pake proteus emang ga bisa, karena 7segmennya pake metode scanning. mungkin karena metode scannngnya membutuhkan timer yg cepat, dan mungkin proteusnya idak dapat mengikuti timer yg cepat tersebut. Tetapi sudah saya coba pake hardware yg sesungguhnya dan berhasil

    BalasHapus
  7. mas apa beday usb download ama lpt?///
    thx....

    BalasHapus
  8. Mas kalau gitu menggambarnya tetep pake isis kan apa ada applikasi lainnya.....
    Terus itu paka power suply yang berapa volt....
    Soalnya newbie nih...

    BalasHapus
  9. @anonim
    usb downloader berarti anda mengisikan firmware (program) ke dalam IC mikrokontroler menggunakan slot USB dengan menggunakan driver terlebih dahulu. sedangkan LPT berarti anda mengisikan program ke mikrokontroler melalui PORT parallel (DB25)

    @another anonim
    klo anda ingin melakukan simulasi anda bisa menggunakan ISIS Proteus. Untuk power supplynya 5V DC

    BalasHapus
  10. Kan rangkaian diatas di jalankan di progam ISIS koq gak bisa ada yang eror tu di Q5 dan Q6 kalau gak salah, itu bagaimana penyelesaiannya.........
    Thanks...

    BalasHapus
  11. itu pake mega 16 ya kan mas??
    kalo pake 8535 juga bisa kan?? cuman perubahan di program nya doang kan??
    terimakasih..

    BalasHapus
  12. itu seven segment nya Common anoda atau katoda..? minat ni pengen buat, tapi mau q ganti pakai atmega 8.biar ngirit tempat..bisa kan?

    BalasHapus
  13. Mas cari transistor nya susah,, slain itu ada tipe lain lagi ga..? thx

    BalasHapus
  14. pakai transistor tipe tipe pnp aja, tipenya disesuaikan dengan kebutuhannya

    BalasHapus
  15. tr pnpnya harusnya pake r 1k,kalo tidak bisa panas ic dan trnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. seven segment yg saya gunakan berukuran kecil... dan sudah saya buat hardware yg sesungguhnya dan tidak panas...
      tetapi jika ditambah dengan R1K bisa saja...
      terima kasih ats sarannya

      Hapus
  16. Mas kalau kita mau angkanya 00:00 g mn ya., trims.,

    BalasHapus
  17. maaf pak mau tanya saya mencoba program bapak tapi kok detiknya lama sekali kenapa ya pak... Xtallnya sudah 12.000....
    saya pake avr 8535? mungkin programnya bagaimana harus diganti?

    BalasHapus
  18. bagai mana kalau pakai rtc ds1307 tamilan 7segmen CA....

    BalasHapus
  19. aslkm. mas ko aku ga bisa download filenya ya?
    bisa kirim email?
    jajang.elektro.untirta@gmail.com
    wslm

    BalasHapus
  20. minta listing programnya gan??

    BalasHapus