Selasa, 28 Juni 2011

USB DOWNLOADER AVRISP MK II SUPPORT CODEVISION AVR

Seperti yang saya telah janjikan sebelumnya, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat USB downloader AVR yang support dengan CodeVision AVR, dimana USB downloader yang saya gunakan bernama AVRISP MK II. Tidak seperti USBasp yang saya posting pada artikel sebelumnya, dimana USBasp masih memerlukan beberapa settingan agar dapat langsung support dengan CodeVision AVR. Untuk downloader USB AVRISP MK II ini sudah tidak lagi memerlukan settingan tertentu agar dapat support dengan CodeVision AVR. Berikut beberapa langkah cara pembuatannya: 
1. DOWNLOAD FIRMWARE
Silakan download disini, berisi firmware untuk Atmega8 dan shematic rangkaian.

2. MEMBUAT RANGKAIAN KE PCB
Jika teman-teman sudah pernah membuat rangkaian/schematic USBasp ke PCB, teman-teman bisa menggunakan rangkaian/schematic tersebut untuk pembuatan AVRISP MK II, kemudian ikuti langkah berikutnya. Jika teman-teman belum tahu rangkaiannya, berikut schematicnya: 


Catatan: pada gambar diatas dioda zener harus benar-benar bernilai 3,6 Volt, menurut pengalaman kesalahan banyak terjadi pada ketidaksesuaian pemilihan dioda zener. dan nilai capasitor ceramic pada cristal ATmega8 disarankan bernilai 22pF. Untuk keterangan posisi JUMPER ada pada folder Rangkaian AVRISP MKII yang teman-teman download.

Berikut adalah Rangkaian yang sudah saya buat ke PCB dan sudah dapat digunakan pada CodeVision AVR. Mempunyai dimensi 6,5 cm x 4,5 cm, untuk pembuatan layoutnya saya menggunakan software Orcad Release 9.1. Rangkaian yang saya buat ini sudah saya coba menggunakan firmware USBasp dan AVRISP MKII, dan berhasil dua-duanya. Jika anda menginginkan layout PCB dalam bentuk file Orcad, anda dapat mendownloadnya disini. 

 

Setelah dibuat PCB harap dicek terlebih dahulu apakah ada jalur yang short atau tidak, karena akan dihubungkan pada Komputer atau laptop.

3. DOWNLOAD FIRMWARE KE ATMEGA8
Cara untuk mendownload firmware ke ATmega 8 telah saya jelaskan di USBasp pada langkah kedua di postingan tersebut. Sedangkan untuk firmwarenya berada pada folder yang tadi teman-teman download (ElectrO-cOntrOl\Firmware AVRISP MKII\MK II mega8.hex)

4. INSTALL DRIVER
Setelah mendownload firmware ke Atmega8, saatnya menginstall driver AVRISP MK II. Sudah lama saya mencari file yang berupa drivernya saja, dibeberapa blog yang ada di indonesia memberikan file yang  hanya berupa drivernya saja. Tetapi ketika saya coba, ternyata AVRISP MK II saya tidak terdeteksi oleh system operasi (windows) dikarenakan drivernya tidak tepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya terpaksa menggunakan software AVR studio 4.18 yang sudah terdapat driver AVRISP MK II. Untuk mendapatkan AVR studio 4.18 silakan download disini.

Kemudian install AVR Studio, maka biasanya secara otomatis akan meng-install driver AVRISP MK II. Jika sudah terinstall secara otomatis maka AVRISP MK II siap digunakan dan untuk dapat digunakan pada CodeVision AVR ikuti langkah no. 5.

Jika belum ter-install secara otomatis. lakukan langkah berikut. Untuk mengetahui apakah driver AVRISP MK II sudah terinstall, caranya hubungkan AVRISP MK II yang sudah di isi dengan firmware ke port USB PC/laptop. Jika windows meminta driver, maka driver AVRISP MK II belum ter-install secara otomatis.

Untuk meng-install caranya, ketika window meminta driver pilih ADVANCED, seperti gambar dibawah, kemudian NEXT.


Kemudian pilih Don’t search, seperti gambar dibawah ini, kemudian NEXT.


maka akan muncul pada kolom MODEL WinDriver, klik pada WinDriver kemudian NEXT. Setelah windows melakukan install driver maka untuk mengecek apakah driver tersebut berhasil di install atau tidak dapat dilihat pada DEVICE MANAGER.

Jika berhasil maka pada DEVICE MANAGER akan muncul seperti gambar berikut. 


5. MENGGUNAKAN CODEVISION AVR
Untuk mendapatkan software CodeVision AVR Pro silakan download disini,

Buka CodeVision AVR, kemudian pilih programmer yang akan digunakan yaitu AVRISP MK II, caranya SETTINGS → PROGRAMMER → Atmel AVRISP MkII (USB) → OK.

Berikutnya adalah mensetting debugger direktori, caranya SETTINGS → DEBUGGER → browse kemudian pilih AVRStudio.exe (ada difolder C:\Program Files\Atmel\AVR Tools\AvrStudio4\AVRStudio.exe)

Setelah melakukan beberapa cara diatas maka, AVRISP MK II teman-teman sudah langsung bisa digunakan pada CodeVision AVR. Untuk mengujinya silakan buat program sederhana pada CodeVision AVR dan silakan didownload dengan mengklik RUN THE CHIP PROGRAMMER atau dapat menekan SHIFT+F9.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

UPDATE: Jika muncul pesan "usb not recognized" saat pertama kali mengkoneksikan ke USB komputer/laptop, memang hardwarenya sudah benar tetapi biasanya terjadi kesalahan penentuan nilai tegangan dioda zener. Solusinya, ukur terlebih dahulu tegangan dioda zener pada titik seperti gambar dibawah ini dengan Voltrmeter:

Untuk pengukuran tegangan dioda zener yang tepat bernilai 2,7 Volt. Sedangkan untuk dioda zener yang satu lagi ketika diukur bernilai 0 (nol) Volt. Untuk mengatasi permasalahan ini,  ganti semua dioda zener (2 buah) dengan nilai 2,7 Volt saat diukur dengan Voltmeter, untuk dioda zener yang satu lagi walaupun sudah diganti akan tetap bernilai 0 Volt. Permasalahan diatas juga pernah saya alami sebelumnya, sehingga solusi yang saya berikan berdasarkan pengalaman tersebut.

HANYA SUPPORT PADA WINDOWS XP.

51 komentar:

  1. salam
    mas mau nanya firmware AVRISP MK II menggunakan avrstudio 4.18 sp3, win 7 32bit support at89sxxx g?

    thanks..

    BalasHapus
  2. klo untuk support dengan win 7 tergantung dari avrstudionya, apakah avr studio yg anda gunakan sudah support win 7.
    klo untuk 89sxx saya belum prnah coba... tp dibeberapa situs menyebutkan support

    BalasHapus
  3. mau tny, masbro sudah mencoba nya menggunakan avr studio ver 5?
    apakah sama atau tidak ya?

    Thanks attentionnya.. :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau drivernya AVR studio 5 mas conect-conect saja (win XP), tapi kalau untuk Win 7, tetap nda mau..
      ada yang bisa ngasi solusi juga?

      Hapus
  4. saya blm pernah pakai AVRstudoi 5... tetapi kemungkinan besarnya support, karena semakin tinggi versi AVRstudionya maka drivernya akan semakin lengkap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS saya Win7 Pro 32bit, AVRStudio v5.1, firmware AVRISP MKII dari Elektro Kontrol, terdeteksi AVRISP MKII. Tetap tidak bisa, messagenya "This device cannot start (Code 10)"

      Hapus
  5. mas,, saya sudah install avr studio 4.18..
    dan masih tidak bisa menginstall drivernya..

    kira-kira kenapa ya mas??
    terima kasih

    BalasHapus
  6. kira2 pada icon tray di pojok kanan bawah layar muncul tulisan apa?? jika rangkaiannya sudah benar (led warna merah menyala) dan anda sudah menginstall AVRstudio 4.18. maka biasanya windows meminta pengistalan driver, dan ikuti langkah no. 4!! klo ga salah AVRstudio 4.18 hanya support di windows XP

    BalasHapus
  7. mas mw tanya ne...
    udah pernah buat usb to serial blum...
    cz gy butuh ne....

    BalasHapus
  8. maksudnya USB ke serial bagaimana? saya kurang mengerti pertanyaan anda...

    BalasHapus
  9. Mas mau tanya..
    Saya memiliki Atmega 8L bukan yang Atmega 8, Kalau saya mau bikin downloader seperti diatas, Bisa nggak menggunakan firmware yang disebukan mas itu.Lalu bagaimana settingan fuse bit nya.
    Soal nya di datasheet nya cuma support sampai 8 Mhz maksimum. Thanks.

    BalasHapus
  10. maaf, saya kurang tahu jika menggunakan atmega8L karena maksimal clocknya 8Mhz, soalnya saya blm pernah coba...
    kalo saya sarankan sih beli saja tipe atmega8

    BalasHapus
  11. mas mau tanya...downloader yg saya buat ketika colok usb ada peringatan usb not recognized, itu kenapa ya? udah saya coba restart pc, tpi msh tetap juga.

    BalasHapus
  12. salam,
    mas, di atas disebutkan kalo udah terinstall AVR Studio4.18 (ada pilihan AVRISP MK II di dalamnya)dan tidak terinstall otomatis bisa dilakukan secara manual, cuman setelah saya pilih "Don't search" muncul banyak pilihan tapi tidak ada yang Win Driver, udah saya coba satu persatu gak ada yang sesuai, permasalahannya ada dimana ya? Tolong infonya.
    Thanks.

    BalasHapus
  13. mas…pada saat downloadernya colok usb itu lgsg terdeteksi minta driver kh? tpi punya saya ini rada aneh mas…muncul tulisan usb not recognized. padahal rangkaiannya udah bner…

    BalasHapus
  14. Mas electro kontrol, saya sudah bisa download firmwarenya ke Atmega8, drivernya juga sudah saya install, terus avrstudio 4.18 juga sudah saya install, settingan di codevision avrnya juga sudah saya setting (chip programernya di ganti avrisp mkII (USB), debuggernya di ganti avrstudio.exe), tapi waktu download dengan menekan shift+F9, ada tulisan "Avrisp mkII could not enter programming mode", mohon bantuanya mas?

    BalasHapus
  15. mas downloadnya harus pakai LPT ya...?? tidak bisa dari downloader lain kh...?

    BalasHapus
  16. mas...saya minta tolong pencerahannya...krn saya ada masalah pada saat setelah download firmwarenya. muncul tulisan usb not recognized, saya udah ganti zenernya tapi tetap saja begitu...tolong bantuannya...

    BalasHapus
  17. Sekali lagi aplikasi ini hanya support wndows XP. jika masih muncul tulisan usb not recognized berarti masih ada masalah pada hardware anda. atau apakah anda sudah benar saat mengisikan firmware ke ATmega8 (saya pake LPT downloadnya). Sebenarnya bisa saja mendownload selain menggunakan LPT, yg penting setting FUSE BIT nya harus seperti diatas. Setelah menginstall AVRstudio 4.18, coba deh pilih yg "recomended" saat diminta driver oleh windows. biasanya cara ini juga berhasil, soalnya saya sudah 2x membuat ini dan berhasil.. biasanya saya salah dalam menentukan zenernya, tetapi ketika diganti dengan nilai yg tepat langsung berjalan lancar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali..uda sy buat sendiri ternyata suksez 1000% mas bro..thx atas pencerahannya, semua mslh dri teman2 di atas menurut sy itu krn tidak tepat pemilihan dioda zener nya sj..sy pun awalnya demikian, tetapi stlh dapat yg pas...smuanya maknyozzz..:)

      Hapus
  18. bang.. pada Target port 2x5 itu urut2an nya gimana? untuk Reset, SCK, MISO, dan MOSI...???
    Thanks...

    BalasHapus
  19. urutannya sama seperti gambar diatas
    1=mosi
    3=NC (not connect)
    5=SS
    7=SCK
    9=MISO

    2=Power supply target
    4=TX
    6=RX
    8=GND
    10=GND

    BalasHapus
  20. Mas, pada gambar pcb ada connector ke external power, apakah harus dihubungkan ke external power?

    BalasHapus
  21. bang, untuk jumper "SLOW SCK" direkomendasikan untuk tidak di jumper biar lbh cepat. trs keuntungannya klo dipasang jumper apa bang..??? seumpama dalam skema saya hapus apa gak pa2..???
    thanks...

    BalasHapus
  22. Mas saya mau tanya,kenapa pada saat mau mendownload program dengan downloader diatas muncul tulisan error "AVRISP MkII Error Reading Fuse Bits".itu masalahnya dimana ya? mohon pencerahannya..thanks

    BalasHapus
  23. klo yg external power itu cuma tambahan aja, klo anda pengen pake supply dari luar. tapi jika udah dihubungkan melalui port USB anda tidak perlu lagi pakai external power

    BalasHapus
  24. @Draconra: semua instruksi saya udah dicoba dilakukan blm...?? klo udah, cek lagi posisi jumper self programmingnya

    BalasHapus
  25. MAS, yang bener yang mana zener nya ???
    3,6 V apa 2,7 V ?????

    BalasHapus
  26. setelah jadi rangkaiannya, zenernya harus terukur yang 2.7V

    BalasHapus
  27. untuk masalah usb not recognized coba ganti zener 3,6v dengan 3,3v trus cek tegangan data hrus 2,7v,jika masih usb not recognized,kabel data + di balik ke data -,ingat yg d balik kabel data bukan kabel + /- power tegangan,salah balik bisa kena usbnya.....
    Jika driver tidak bisa, coba install avr studio 4.19 dijamin lngsung jos....
    bisa d downlod d sini>>>>http://www.atmel.com/dyn/resources/prod_documents/AvrStudio4Setup.exe

    BalasHapus
  28. mas avrisp mkii ku dah konek ke komputer dan firmware aman terkendali. namun dia tidak bisa mendownload kan ke sistem minimum. itu biasanya di apa nya ya yang bermasalah. tq

    BalasHapus
  29. maaf bang elektro-kontrol saya masih bingung nh sama komponen2 yang digunakan maklum masih newbie nh masalah beginian....
    Tolong dong pencerahan ny masalah komponen2 yang diperlukan untuk buat USB DOWNLOADER AVRISP MK II ini.....

    BalasHapus
  30. komponennya kan sudah jelas seperti gambar schematiknya..

    BalasHapus
  31. AVRISP MKII tdk suport HDD SATA y?
    sya coba didua laptop brbeda. trnyata AVRstudio lptop SATA tdk mau connect. tp pada laptop lain bisa.

    ada yg prnah mengalami?ribet kalu downgrade lg ke USBasp.Thx.

    BalasHapus
  32. klo pakai HDD SATA bisa kok, soalnya punya saya HDD SATA. saya belum pernah ketemu masalah kaya gitu tapi, MKII tidak support dengan windows 7

    BalasHapus
  33. perbedaan USBasp dan MKII hanya terletak pada firmware saja ya? mana yang lebih unggul? USBasp atau MKII?

    BalasHapus
  34. klo menurut saya sama saja antara USBasp dan MKII... hanya drivernya saja yg berbeda

    BalasHapus
  35. Kemaren saya coba bikin AVR MKII dan bisa didi pake di XP dengan baik, dan sebaiknya di install juga AVR Studio 4 nya karena drivernya dah terintegrasi dengan AVR S4, untuk win7 AVR S4 ataupun AVR S5 sama2 bisa dipake dengan disetting compatibility win XP cek ja di pengaturan program di win7 dan AVR MKII pun bisa di detect dan masuk ke bagian Driver jungo. namun saat menseting driver dari AVR S4 maupun AVR S5 dicounter sama windowsnya.
    apa ada yang tau solusinya, atau punya driver AVR MKII untuk win7.
    semoga bermanfaat.

    Djoko_Dolok

    BalasHapus
  36. itu ditempat saya kok muncul winDriver sama avrisp mkii tp yg avrisp mkii eror code 10 devide cannot started y??

    BalasHapus
  37. Mas Brow, bolehkah sy minta info yg bisa dihubungi anda

    BalasHapus
  38. Mas saya dah buat AVR ISP MKII dengan driver w7,.
    dan di W7nya uda bisa terdeteksi, tapi pada saat mau download selalu eror kenapa ya..?
    ada saolusinya g...?
    drivernya saya dapat dari sini(http://mightyohm.com/blog/2010/09/avrisp-mkii-libusb-drivers-for-windows-7-vista-x64/)

    BalasHapus
  39. mas paswordnya untuk firmware nya apa..??

    BalasHapus
  40. saya pake mkII di W7 64 bit berjalan sangat bagus di avr studio, tapi codevision gk bisa karena exe mkII di codevision gk support

    BalasHapus
  41. makasih bnget gan,...

    BalasHapus
  42. mas, saya udah gani dioda zener 2,7 volt, pas saya ukur benar 2,7 volt, namun masih keluar "USB NOT RECOGNIZED". minta solusinya mas??
    terimakasih

    BalasHapus
  43. Mas, mau tanya..
    MkII saya bisa dipake di PC saya..
    Sedangkan di laptop saya tidak bisa, padahal driver sudah diinstal semua persis kaya di PC saya, juga dikenali sebagai AVR ISP MKII.. Dua2nya windows XP.. Gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  44. kang mau tanya cara download firmwarenya gmana? apa perlu setting fusebitnya gak? atau tinggal download saja?

    BalasHapus
  45. Mesakke admin :v

    BalasHapus
  46. Mas mau tanya...
    pd saat menjalankan software downloader avr isp mkii in ISP mode with ATmega8 ketika hendak Read Signature selalu muncul pesan ISP MODE ERROR?

    BalasHapus
  47. makasih Om elektro-kontrol.,
    smoga ilmu yg diberikan tambah berkah..,

    Akhir'y bisa juga bkin downloader sendiri.., AVRISPMKII.
    hohohoho..,

    nunggu review yg bisa/support OS.7 tolong di share yak..?? hehehe

    BalasHapus